Jumat, 18 Mei 2012

Enam Aturan Ngeblog

Beberapa hari yang lalu ketika sedang asyik menjelajah di internet saya menemukan sebuah artikel menarik di daily blog tips hasil dari blogwalking saya. Artikel tersebut berjudul Six Rules of Blogging (That Also Apply to Twitter) oleh Glen Allsopp, isinya kurang lebih berupa aturan-aturan dalam dunia ngeblog yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Nah, berhubung artikelnya dalam bahasa inggris, supaya sama-sama enak saya mencoba menerjemahkannya. Tapi berhubung kemampuan bahasa inggris saya pas-pasan maaf kalau misalnya ada yang salah atau kurang tepat. Terjemahan artikel tersebut juga saya buat poin-poin pentingnya saja, artinya tidak saya terjemahkan semua dan saya ambil intisarinya saja, kalau artikel lengkapnya silahkan baca di sini (saya mulai dari paragraf 4, karena paragraf 1,2 dan 3 hanya pengantar) mudah-mudahan bisa membantu. Berikut terjemahan bebasnya :

1. Penyediaan Nilai

Coba saya tanya kepada anda, kenapa anda membaca daily blog tips, saya dapat berasumsi anda adalah seorang blogger. Tapi apa yang membedakan anda dengan ribuan blogger di luar sana? Jawabannya pasti berbeda-beda, faktor yang mendasar adalah situs tersebut memberikan nilai pada anda dalam satu dan beragam cara dan anda tidak mau melewatkannya. Itu adalah alasan utama seseorang berlangganan sebuah blog.

Mereka mendapatkan nilai, bila nilai itu dalam bentuk humor atau dalam bentuk membuat uang, itulah yang orang inginkan. Malahan memulai blogging untuk membayangkan bagaimana anda mendapatkan keuntungan (bertukar pikiran, pendapatan, dll) simak bagaimana anda menguntungkan pembaca anda. Bagaimana anda membuat seseorang tertawa, bagaimana anda membuat seseorang pendapatannya bertambah, atau dalam situs ini : bagaimana anda dapat membuat seseorang menjadi blogger yang lebih baik?

Jika anda konsisten memberikan nilai kepada pembaca anda, anda akan memberikan mereka alasan penting untuk tetap berkunjung.

2. Jangan Membanjiri Pembaca dengan Posting

Saya mengelola beberapa blog, satu fokus pada internet marketing, satu fokus pada pengembangan diri dan saya pernah mengelola sebuah blog selebriti (yang kemudian saya jual cepat). Apa yang saya pelajari dari sini adalah bahwa tipe-tipe blog tertentu memiliki level frekuensi posting berbeda. Jika saya menulis seminggu sekali di blog gosip selebriti, maka pembaca akan kehilangan semua beritanya.

Bagaimanapun, jika saya mengelola sebuah situs tentang pengembangan diri dan menulis 3000 kata posting setiap hari, akan membuat orang terlalu banyak mencerna, dan saya akan mengakhirinya seperti yang saya katakan sebelumnya. Kecuali anda mengelola sebuah blog berita yang harus diperbarui beberapa kali sehari, mencoba menemukan jadwal posting yang menyenangkan untuk anda lakukan. Saya cenderung melakukan posting 3-4 kali seminggu pada situs utama saya.

3. Ambil Bagian dalam Percakapan

Poin ini relatif jelas jadi saya akan langsung ke intinya. Blogging tidak hanya tentang anda, dan sebenarnya juga bukan tentang pembaca anda. Ini juga menyangkut percakapan yang berlangsung antara blog anda dan lainnya dalam industri yang sama. Baca blog lainnya dan tinggalkan komentar untuk membuat mereka mengetahui apa yang anda pikirkan tentang blog mereka.

Membuat link ke yang lainnya dan anda akan mulai menemukan orang-orang membuat link ke blog anda. Anda bahkan bisa berhubungan lebih jauh dengan pemilik blog lainnya di Facebook, Twitter dan LinkedIn dan tetaplah berhubungan seperti itu. Jangan berpikir industri anda terbatas pada apa yang ada dalam blog anda. Ada dunia yang luas di luar sana.

4. Buat Blog Anda Unik

Ada banyak cara untuk membuat blog anda eksis :
Memiliki desain unik
Menulis panjang, postingan detail dalam niche (bidang) yang penulis itu bisa informatif (atau sebaliknya)
Menerapkan sebuah ide yang tidak digunakan orang lain seperti bloggers face-off dan daftar top blog
Membawa figur otoritas untuk wawancara
Menawarkan isi dalam format berbeda seperti suara atau video
Memberikan e-book gratis untuk topik yang lebih mendalam seperti yang saya lakukan dalam bagaimana cara mencari teman (keterangan: ini link ke e-book penulisnya)
Meskipun blog baru dibuat setiap harinya, tidak berarti anda tidak bisa eksis dari keramaian tersebut. Pastikan anda secara konsisten menawarkan nilai murni yang menjual dan anda tidak akan melangkah salah.

5. Membuat Pembaca Mudah Berhubungan

Pikirkan dengan cepat beberapa blog favorit yang anda baca baru-baru ini. DailyBlogTips? TechCruch? ProBlogger? Beberapa hal yang saya temukan dari kebanyakan orang dan blog favorit mereka adalah bahwa mereka kenal dengan pemilik blog, dan merasakan bahwa mereka mengenalnya dengan baik. Contohnya saya baru tahu bahwa pemilik situs ini adalah Daniel dan dia tinggal di Brasil. Saya baru tahu bahwa pemilik ProBlogger adalah Darren Rowse dan dia tinggal di Australia dengan istrinya, V.

Apakah anda sudah membuat pembaca anda mengetahui anda dan mudah berhubungan? Beberapa langkah mudah untuk hal ini adalah termasuk memiliki informasi tentang halaman, menggunakan nama anda pada posting-posting dan komentar blog dan bahkan berbagi cerita pribadi pada saat tertentu pada posting blog anda.

6. Membuat Pembaca Mudah Untuk Membaca

Tidak ada yang lebih buruk dalam pandangan saya bahwa isi blog hanya sebuah gumpalan teks besar tanpa garis pemisah. Bahkan sebuah posting seperti ini biasanya berkisar lebih dari 1000 kata yang mudah dilihat berdasarkan daftar dan judul yang dicetak tebal.

Beberapa tips untuk membuat isi blog mudah dibaca meliputi :
Cek ejaan pada posting anda sebelum anda mempublikasikannya
Gunakan poin-poin ketika dibutuhkan
Gunakan sub judul untuk posting yang panjang, posting yang lebih dalam
Jika anda membuat daftar posting, pisahkan tiap poin dengan cetak tebal agar mudah dilihat
Pisahkan paragraf setiap 3 atau 4 kalimat
Bacalah postingan anda sendiri untuk melihat apakah postingannya sudah benar.

Itu adalah artikel terjemahan bebasnya, menurut artikel aslinya ada juga aturan untuk pengguna twitter tapi di sini saya terjemahkan yang untuk blog secara umum saja. Sekali lagi maaf nih berantakan terjemahannya. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.ayongeblog.com

4 komentar:

  1. Keren gan infonya, jngan lupa mampir di http://asik-bersama.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. bagus info nya.. akan saya coba...

    jngan lupa visit back ea...

    BalasHapus
  3. Mantap infone gan, aku tk melu2 njajal...

    BalasHapus