Sabtu, 13 Oktober 2012

Cara Menghemat Pemakaian Quota dengan firefox extreme

Salam bahagia teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi tips bagaimana cara menghemat pemakaian quota dengan memanfaatkan Mozilla Firefox. Trik yang akan digunakan ini terbilang extreme, karena apabila anda kurang memahami tutorial di bawah, maka yang ada firefox anda akan semrawot. Tapi kalau anda memahaminya, maka dipastikan browsing anda menjadi aman dan lancar, bebas virus dan tentunya dapat menghemat quota internet.

Cara menghemat quota internet sebenarnya juga pernah aku bagikan dahulu, yaitu pada Squid Proxy dan juga penggunaan addon AdBlock Plus. Nah kali ini dengan cara lain yang agak berbeda, yakni dengan Firefox Extreme. Mengapa extreme?, ya karena kita akan menggunakan add on yang akan membuat mozilla firefox anda sangat ringan, dengan mengompress http dan gambar, serta mematikan script.
menghemat quota firefox pict
Sebelum berbicara lebih jauh, mari kita mereview sekilas browser tercepat dan terbaik saat ini. Kalau untuk browser tercepat, mungkin masih dipegang oleh K-Melon dan Opera Classic Turbo, tapi masalahnya keduanya banyak kekurangan. Beralih ke browser terbaik, tentu masih layak diberikan pada Mozilla Firefox dan Google Chrome.
Lalu apabila ditelusuri lebih jauh mana yang lebih baik, firefox ataukah chrome, aku lebih condong pada chrome. Mengapa, coba bandingkan sendiri, baik dari segi penggunaan memori komputer, ukuran page dan juga ukuran gambar yang anda download. Tapi tetaplah bagi kalangan yang suka bermain proxy, tentu memilih firefox karena chrome tidak memungkinkan untuk mengganti proxy secara manual, kecuali menggunakan bantuan pihak ketiga seperti proxifier.

Menghemat pemakaian quota dengan Firefox Extreme, tutorialnya sebagai berikut.

fasTun
fasTun merupakan layanan gratis Web Accelerator yang sangat membantu anda dalam mengemat pemakain quota dengan mengandalakan HTTP compression (ad blocker, anonymizer). Adapun fungsinya, anatara lain:
  • Compress HTTP traffic using the GZIP algorithm;
  • Optimize web pages code (HTTP/CSS), thus reducing their size;
  • Compress images in PNG, GIF and JPEG formats with a feature of quality choice;
  • Provide full anonymity by hiding your real IP address.
Untuk penggunaannya cukup mudah, simak berikut ini:
1. Daftar dulu di fastun.com, cek email anda untuk verifikasi akun anda.
2. Install add-on fasTun Tool di firefox, lalu restart firefox.
3. fasTun Tool akan terlihat di add-on bar, warnanya merah karena belum aktif. Klik kiri, akan muncul jendela login, masukkan username dan password anda.
hemat quota fastun pict
4. Kalu berhasil, ikon fasTun akan berubah warna menjadi hijau. Dan yang harus anda perhatikan, kalau anda tidak ingin browsing secara anonymous karena ketika login secara otomatis HTTP Proxy firefox berubah ke fastun.com:7000, masuk ke pengaturan koneksi firefox, pilih yang No Proxy.
5. Selanjutnya saatnya mengompress http dan gambar. Klik kanan ikon fasTun, masuk ke Settings, centang sesuai dengan keinginan anda dan lihat hasilnya.
setting fastun firefox pict
No Script
NoScript merupakan add-on atau ekstensi yang memberikan perlindungan extra terhadap firefox, SeaMonkey dan browser lain yang masih dalam lingkup mozilla. Dengan NoScript, anda dapat memilih sesuai keinginan JavaScript, Java, Flash dan plugin lain yang anda berikan izin untuk berjalan/aktif di situs yang anda kunjungi. NoScript juga menyediakan perlindungan anti-XSS dan anti-clickjacking paling kuat yang pernah tersedia pada browser.

Dengan bahasa yang sederhana, anda dapat mengatur script mana saja yang anda izinkan di sebuah situs. Hal ini mengingat penggunaan script yang berlebihan, tentunya akan menguras penggunaan quota anda, apalagi kalau koneksi internet anda lemot. Dan hal yang harus anda ingat adalah kebanyakan virus di internet berupa script, jadi pastikan anda menggunakan NoScript dan memahami penggunaannya.

1. Install add-on NoScript, lalu restrat firefox anda.
2. Ikon NoScript akan terlihat di add-on bar, tinggal mengarahkan mouse ke ikonnya, dan selanjutnya atur script mana saja yang anda perbolehkan di situs yang anda kunjungi. Ikon NoScript yang berwarna merah pada script tertentu maksudnya script tersebut anda block atau tidak anda izinkan. Untuk mengizinkannya, tinggal klik kiri saja pada script tersebut.
NoScript Firefox pict
3. Misal pada gambar, aku mengunjungi blogku dan banyak sekali script yang tidak berjalan. Aku akan mengizinkan script blogspot.com, maka tinggal klik saja Forbid blogspot.com, nanti hasilnya akan berubah menjadi Allow blogspot.com.

Sekian dulu tips dan trik yang dapat aku bagikan, terkait Cara Menghemat Pemakaian Quota Internet dengan Firefox Extreme, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Dan sebagai tambahan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan juga anda menggunakan Squid Proxy. Untuk tips dan trik lainnya, stay on terus karena masih banyak artikel seputar internet menarik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar