Minggu, 15 April 2012

Trik menjawab soal pilihan ganda

Baca soal sampai tuntas, dan pahami apa yang ditanyakan
Pikirkan sendiri jawaban, sebelum melihat pilihan jawaban yang tersedia, dengan begitu kita tidak akan terkecoh dengan jawaban yang keliru.
Langsung coret pilihan jawaban yang kita tahu pasti nggak benar.
Jika kita sama sekali ngggak punya gambaran mengenai jawaban, cobalah menebak dengan menggunakan akal sehat, dan bukan dengan menghitung kancing baju :)
Karena sistem penilaian, hanya melihat jawaban yang benar saja tanpa memperhitungkan jawaban yang salah, maka ada tiga strategi yang ingin saya bagikan buat teman-teman sekalian:

1. Bisa, jawab.. kalo nggak bisa lewati

Maksudnya, baca lembar soal terlebih dahulu, dan langsung beri tanda jawaban yang benar, kalo nggak bisa, dilewati dulu, dan lanjut ke soal nomor dua. Begitu seterusnya, bisa, jawab.. kalo nggak bisa, lewati. Soal UN dibagi menjadi tiga kelompok; 20% soal-soal sukar, 50% soal-soal sedang, dan 30% soal-soal mudah. Nah dengan strategi ini, kita nggak akan kehilangna soal-soal mudah, karena sudah kita temukan dan kita kerjakan. Bila kamu ragu, ikuti kata hati

2. Bila kamu ragu, ikuti kata hati

Setelah menerapkan strategi 1, kembali lagi ke awal. Soal yang sudah dijawab dengan strategi 1 jangan diutak-atik lagi. Sekarang baca soal yang tadi nggak bisa dijawab (tapi bacanya pelan-pelan saja, nggak usah secepat saat membaca soal pada strategi 1). Setidaknya ada tiga keputusan yang ahrus kita ambil setelah membaca untuk kedua kalinya ini yaitu, bisa, ragu-ragu, dan tidak bisa. Untuk soal yang bisa, ya langsung dijawab saja, sementara untuk soal yang ragu-ragu (menyisakan 2 pilihan saja) ikuti saja kata hati, sedang untuk yang tidak bisa (menyisakan lebih dari 2 pilihan jawaban) ditandai. Gimana cara emngikuti kata hati? Gampang!! Pejamkan mata, sambil membayangkan dua pilihan yang ada, mana yang terlihat lebih terang itulah jawabannya.menurut sebuah penelitian, jawaban yang berdasar akta hati akan memiliki ketepatan minimal 50%. Jadi kalo ada 10 soal yang kita jawab dengan mengikuti akta hati, minimal ada lima soal yang akan kita jawab dengan benar.

3. Strategi tembak

Untuk soal-soal yang kita nggak tahu sama sekali alias belum terjawab dengan strategi 1 maupun 2 jawabannya, tembak saja. Eits, tapi nembaknya pun tetap harus pake strategi. Begini, seelum kita nembak soal yang nggak bisa dijawab, lihat dulu LJK kita. Carilah pilihan yang paling sedikit kita hitamkan di LJK. Kalo pilihan A yang paling sedikit, berarti semua soal yang nggak bisa, harus dijawab A. Bagaimana teorinya? Begini, rumus membuat kunci jawaban itu, jumlah soal dibagi jumlah pilihan plus minus 3. Jadi, kalo ada 50 soal, maka dalam setiap pilhan terdapat 10 jawaban yang benar (kunci). Nah dengan menggunakan strategi 3 ini, paling tidak minimal 20% soal akan dijawab benar.

Semoga strateginya bermanfaat, tapi bagaimanapun belajar adalah kunci sukses agar kita dapat mencapai prestasi yang kita harapkan. Malu kan, kalo lulus tapi nilainya pas-pasan???

3 komentar:

  1. mas indra aku gak ngeh sama kata2 ini "Begini, rumus membuat kunci jawaban itu, jumlah soal dibagi jumlah pilihan plus minus 3. Jadi, kalo ada 50 soal, maka dalam setiap pilhan terdapat 10 jawaban yang benar (kunci)"
    hehehhee

    BalasHapus
  2. ya ama gue jga kaga ngerti nih.........

    BalasHapus
  3. 50 / 4 = 12,5 (bulatkan 13)
    13 - 3 = 10.
    10 / 50 * 100% = 20 %

    BalasHapus